Efek Samping KB Implan

Salah satu cara untuk mencegah kehamilan adalah dengan melakukan KB. KB implan seringkali dipilih oleh kaum hawa. Namun, apakah Anda tahu efek samping KB implan untuk kesehatan?

Sebelum memasang KB implan, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu pembahasan mengenai efek samping KB implan yang harus diwaspadai.

Efek samping KB implan (Susuk)

efek samping apa yang terjadi kalau sudah pasang kb implan

Apakah Anda sudah memasang KB implan? Atau  masih berencana?

Menggunakan alat kontrasepsi seringkali menjadi pilihan untuk menunda atau mencegah kehamilan. Salah satu yang dirasa paling efektif adalah memasang KB implan.

Pemasangan KB implan memang efektif mencegah kehamilan selama 3 tahun. Setelah 3 tahun, KB implan harus dicabut / dilepaskan. Kegagalan / terjadi kehamilan saat memasang KB implan hanya terjadi 1% saja.  Artinya, 99% wanita  berhasil mencegah kehamilan selama 3 tahun menggunakan KB implan ini.

Namun, dibalik keberhasilan KB implan (susuk) ini adal beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah efek samping yang bisa ditimbulkan dari pemasangan KB implan.

Cerita ibu Ajeng yang memasang KB implan selama 2 tahun

efek samping pasang kb implan yang bisa terjadi

Sebelum membahas efek samping dari pemasangan KB implan, berikut ini ada cerita dari seorang ibu muda bernama Ajeng membagikan kisahnya yang melakukan pemasangan KB implan. Dilansir dari laman facebooknya, dia bercerita “Waktu pemasangan (KB), memang cuma memar, hampir 3 mingguan lah, disisi lain, gak bisa kerja berat dirumah. Selama ada implan ini ditangan, haid gak teratur, bisa sampai 2 bulan gak berhenti, makanya jangan heran kaau saya bisa tetep kurus tulisnya.

“Singkat cerita 2 tahun sudah implan ini tertanam di lengan, dengan keadaan haid yang begitu terus, lelah, akhir nya berniat lah buat copot.” lanjut Ajeng

Ia memutuskan untuk mendatangi Klinik bidan terdekat. Setelah KB implan itu lepas, ia merasa tak ada yang aneh dan biasa saja.

Setengah hari, lama – lama bius ditangan hilang, lengan berasa banget nyut – nyutan, gak berasa ngalir lah darah. Kirain cuma sedikit, pas di Lap berkali – kali, ngalir terus, dan makin Parah, sampai pusing”

Ajeng mengalami pendarah pada lengannya selama 2 jam hingga dilarikan ke UGD terdekat. Setelah pemeriksaan selesai, perawat memberi tahu kondisinya kala itu.

“Menurut perawat IGD, saat pengambilan implan nya mungkin kena sedikit pembuluh darah, itu yang bikin darah susah berhenti, dan tangan bengkak sampai jari” jelasnya.

“Di pencet – pencet terus sama si perawat, sampai pecah jerit tangis saya, dan di berhentikan paksa dari pendarahan, akhir nya berhenti juga, Alhamdulillah.”

Pesan ibu muda ini agar jangan lagi memasang KB sembarangan. Dia juga menuliskan “Namanya KB, mungkin aman – aman saja, tapi gak menutup kemungkinan yang bahaya, bisa dari pemasangan / pelepasan kb tersebut.”

Dari cerita ibu Ajeng di atas, Anda sudah mulai menimbang – nimbang untuk melakukan KB implan?

Sebenarnya, efek samping dari KB implan sudah disebutkan di atas. Agar lebih jelas, berikut efek samping KB implan yang harus diperhatikan.

Efek samping pemasangan KB Implan yang mungkin terjadi
  • Kulit memar setelah pemasangan KB
  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Sakit kepala
  • Nyeri payudara
  • Mual
  • Berat badan bertambah
  • Kista ovarium
  • Infeksi pada lokasi implan di masukkan
  • Radang vagina (vaginitis)
  • Nyeri perut
  • Nyeri punggung

Nah, efek samping ini tidak selalu terjadi namun sangat berisiko terjadi. Oleh karena itu, hati – hati dan perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

Perlu diingatkan, tidak semua wanita bisa memasang KB implan ini. Ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari pemasangan KB implan. Diantaranya :

  • Orang yang mengkonsumsi obat tertentu
  • Mempunyai gangguan hati
  • Memiliki riwayat kanker payudara
  • Mengalami perdarahan vagina yang tidak jelas
  • Mempunyai kelainan darah

Kami ingatkan lagi agar berhati – hati dan konsultasikan ke dokter sebelum memilih alat kontasepsi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kami juga memiliki informasi lain :

Jika Anda sedang mencari pengobatan penyakit yang sedang diderita, kami mempunyai rekomendasi produk herbal yang aman dan sudah terbukti khasiatnya. Silakan hubungi kami di nomor 0822.1430.0463

Semoga bermanfaat..

About Idan Official 88 Articles
Terima kasih telah berkunjung ke obatmaagqnc.web.id situs agen obat herbal terbaik, terbukti, dan sudah berlegalitas BPOM RI dan HALAL dari MUI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*